Perbedaan Processor Dualcore Quadcore dan Octacore

Perbedaan Processor Dualcore Quadcore dan Octacore – Jika membaca spesifikasi smartphone pastinya anda menemui beberapa istilah seperti Dualcore, Quadcore dan Octacore. Sebenarnya apa sih itu? apa perbedaan antara ketiga jenis processor tersebut? Baiklah, untuk lebih jelasnya mari simak ulasan berikut ini.

Perbedaan Processor dualcore quadcore dan octacore

Perbedaan Processor dualcore quadcore dan octacore

Processor atau yang biasa disebut dengan Central Processing Unit (CPU) adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk memahami dan mengeksekusi perintah yang dijalankan oleh pengguna. Dengan seiring perkembangan jaman, processor berevolusi menjadi beberapa jenis yang bertujuan guna memenuhi kebutuhan manusia yang hari ke hari semakin kompleks.

########

Pada saat membaca ulasan tentang smartphone dan perangkat komputer pastinya anda menemui berbagai macam istilah processor dualcore, quad core dan lain-lain bukan? Bagi yang mengerti tentang struktur perangkat keras dari sebuah ponsel pintar dan komputer pastinya mengerti dengan beberapa istilah asing diatas, tapi, bagaimana dengan masyarakat yang masih awam akan teknologi? pastinya sering bertanya – tanya akan perbedaan jenis processor tersebut seperti ilustrasi dibawah ini.

Haduh, yang satu ini punya processor dual core tapi yang satunya kok pake Quadcore ya?

Sebenernya bedanya apa sih? *MikirKeras*

aaaaaaakkkkk, pusing deh!!!

Baiklah, guna menjawab semua pertanyaan anda tentang perbedaan processor dualcore quadcore dan octacore dan manambah wawasan anda tentang berbagai macam jenis processor, mari simak ulasan berikut yang telah redaksi duniacell.com rangkum dari berbagai sumber terpercaya:

Perbedaan Processor Dualcore Quadcore dan Octacore

  • Arti Dualcore, quadcore dan Octacore

Sudah sedikit disinggung pada bacaan diatas bawasannya processor mengalami perkembangan dari waktu kewaktu guna memenuhi kebutuhan manusia yang terbilang semakin kompleks. Pada awalnya processor muncul dengan dukungan 1 (satu) core (inti) yang digunakan untuk menjalankan perintah yang diminta oleh pengguna. Karena banyaknya kebutuhan manusia akan menjalankan berbagai macam aplikasi untuk kepentingan pribadi dan banyak pengembang aplikasi / perangkat lunak yang karyanya dapat dinikmati secara geratis sehingga processor mengalami hambatan dalam bekerja. Seiring perkembangan zaman, processor mengupgrade dirinya menjadi beberapa jenis seperti Dual core, quadcore dan Octacore dengan tambahan core sesuai dengan namanya:

  1. Dualcore dilengkapi dengan dua core
  2. Quadcore dilengkapi dengan 4 core
  3. Hexacore dilengkapi dengan 6 core
  4. Octacore dilengkapi dengan 8 core

Jika anda mempunyai ponsel pintar dengan processor Quadcore berarti ada 4 core yang siap membantu untuk pengkesekusian perintah. Semakin tinggi tingkatan core, semakin cepat pula kinerja yang dihasilakan sebuah smartphone.

  • Istilah berapa GHz

Pada saat mengulas tentang spesifikasi smartphone tentunya anda mendapati tulisan seperti ini, “Dilengkapi dengan processor Dualcore berkecepatan 1.2 Ghz” sebenarnya apa maksutnya? oke, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut:

Kita telah mempelajari bahwasanya Processor jenis Dualcore memiliki dua core inti yang dapat bekerja melaksanakan perintah pengguna, Jika processor tersebut memiliki kecepatan 1.2 GHz berarti masing – masing core tersebut memiliki kecepatan 1.2 GHz yang tentunya bermanfaat guna mengeksekusi perintah yang diinginkan oleh pengguna.

  • Penggunaan Multi Processor pada Aplikasi Single Thread

Oke, begini penjelasannya.. Banyak aplikasi yang dibuat dengan pemanfaatan single thread atau hanya berjalan pada satu jalur saja oleh karena itu, mempunyai processor sekelas OctaCore tidak akan mempengaruhi kecepatan akses karena aplikasi hanya dapat diakses dengan satu core saja. Berbeda apabila processor memiliki clock speed yang besar misalnya 2.0 GHz. Pasti berbeda apabila disandingkan dengan perangkat lain yang memiliki kecepatan clock hanya 1.2 Ghz dalam urusan kecepatan.

Multi processor seperti Dualcore, Quadcore dan octacore hanya akan membantu apabila menangani aplikasi yang dibuat dengan multi Thread seperti game – game berat yang mempunyai grafik luar biasa dan aplikasi-aplikasi lain seperti google chrome dan lain-lain.

Demikianlah ulasan tentang Perbedaan Processor Dualcore Quadcore dan Octacore yang telah redaksi duniacell.com paparkan guna menambah wawasan akan jenis – jenis processor yang tersemat didalam smartphone saat ini. Simak juga ulasan lain tentang macam-macam sensor pada smartphone hanya di duniacell.com blog yang memaparkan harga dan spesifikasi smartphone terbaru dan terupdate di Indonesia.

6 Comments
  1. 2 years ago
    gyan

    sangat membantu, boleh juga ini mau beli smartphone baru harus tau spesifikasinya dulu..!, klo smartphone processor dah quadcore 1,2 GHz+Ram 2 Gb min, untuk game apa nda lag” min..?, apa masi ada yang kurang?, sama itu lagi posting min..!. Apa itu GPU dan adreno itu ada di bagian setelah daftar processor biasa yang ada di spesifikasi smartphonenya?

    mohon dibalas min…!
    Terimakasih…!

    Reply
    • 2 years ago
      ihsan candra

      Tepat sekali, Biar nggk nyesel harus tau rincian spesifikasi luar dalam ^_^

      Reply
  2. 11 months ago
    mizzan

    mantap jadi tau info perangkatnya…makasih banyak….sangat bermanfaat sekali artikel ini…..jadi lebih teliti lagi beli smartphone!

    Reply
  3. 11 months ago
    Ryfan Aditya

    wah jadi gitu yaa perbedaan antar core
    —————
    butuh hosting? yuk cek https://dreamlinehost.com

    Reply
  4. 2 days ago
    Fathur rosi

    Terima kasih atas infonya😇

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *